Soal dan Pembahasan Biologi SNMPTN Tahun 2012 (Kode 132)
Bimbel WIN:
Belajar dari bentuk soal yang sudah pernah ditanyakan membuat
persiapan menghadapi ujian yang sebenarnya akan menjadi lebih terarah,
lebih fokus dan lebih efektif.
Bentuk soal yang akan diujikan dari tahun ke tahun pada umumnya
materinya sama. Pada pelajaran yang menitikberatkan pada hafalan soanya bisa
sangat mirip bahkan ada yang persis sama. Sedangkan pada soal hitungan,
rumus dan analisanya pada umunya sama.
Oleh karena itu, kami menyarankan bagiadik-adik calon mahasiswa
baru (camaba) tahun ini, kuasailah minimal 10 tahun terakhir soal ujian yang
sudah pernah keluar.
Pada kesempatan ini, bimbel WIN berbagi soal asli Biologi
SBMPTN tahun
2012 kode 132 lengkap dengan
pembahasannya yang mudah untuk dimengerti. Di akhir pembahasan, kami juga
mengajak adik-adik camaba untuk tetap berlatih pada soal online yang sudah kami
siapkan, Ayouk teruslah berlatih...!!! Semoga tahun ini kalian semuanya yang
belajar disini bisa lolos di pilihan pertama kalian, Amiiin... 🙏🙏
- (A) memiliki morfologi sama dan dapat saling kawin
- (B) dapat saling kawin dan menghasilkan keturunan fertil
- (C) dapat saling kawin dan menghasilkan keturunan steril
- (D) dapat saling kawin dan hidup pada habitat yang berbeda (E) memilki morfologi sama dan hidup pada habitat yang sama
Pembahasan:
Dua organisme disebut satu jenis (spesies) apabila dapat saling kawin dan menghasilkan keturunan fertil.
💥 Kunci Jawaban: B
- (A) membantu pertumbuhan bintil akar.
- (B) mengoptimalisasi penyerapan air dan unsur hara.
- (C) meningkatkan ketahanan tanaman terhadap radiasi tinggi.
- (D) meningkatkan ketahanan tanaman terhadap radiasi tinggi.
- (E) meningkatkan ketahanan tanaman terhadap serangan cendawan patogen.
Pembahasan:
Manfaat mikoriza pada tanamn adalah:
1. Peningkatan ketahanan tanaman terhadap kekeringan
2. Tahan terhadap serangan patogen akar
3. Meningkakan serapan hara
4. Perbaikan struktur tanah
💥 Kunci Jawaban: C
- (A) Marsilea crenata
- (B) Azolla pinnata
- (C) Salvinia molesta
- (D) Equisetum debile
- (E) Asplenium nidus
Pembahasan:
Tumbuhan paku berperan mengikat \({N_2}\) dari udara : azolla pinnata (Tanaman paku air)
💥 Kunci Jawaban: B
- (A) A
- (B) B
- (C) C
- (D) D
- (E) E
Pembahasan:
Potensi biotik adalah jumlah populasi dalam suatu/wilayah dipengaruhi faktor hidup (makhluk hidup).
💥 Kunci jawaban: A
- (A) mulut mencerna amilum.
- (B) lambung mencerna protein.
- (C) usus besar mencerna protein.
- (D) mulut mencerna karbohidrat.
- (E) usus halus mencerna lemak.
Pembahasan:
Usus besar =
- penyerapan air
- Pembusukkan sisa makanan oleh bakteri menjadi fases. Usus besar tidak ada pencernaan protein
💥 Kunci Jawaban: C
- (A) 1-2-3-4.
- (B) 2-3-4-1
- (C) 2-3-1-4
- (D) 3-2-1-4
- (E) 3-2-4-1
Pembahasan:
Urutan jaringan dari bagian ujung ke pangkal akar adalah:
Tundung akar => pembelahan sel => pemanjangan sel => diferensiasi sel
💥 Kunci Jawaban: C
- (A) siklik
- (B) hidrolitik
- (C) termolitik
- (D) eksergonik
- (E) endergonik
Pembahasan:
Glikosis : 4 molekul ATP dalam setiap 1 molekul glukosa 2 molekul ATP digunakan dalam reaksi eksergonik (pelepasan energi)
💥 Kunci Jawaban: D
- (A) aa
- (B) Aa
- (C) Aa atau aa
- (D) AA atau Aa
- (E) AA atau Aa atau aa
Pembahasan:
G : AA.aa => jika Aa genotif heterozigot maka induk jantannya gen F : 4.Aa G : Aa.aa = 2 . Aa . 2 . aa
💥 Kunci Jawaban: D
- (A) adanya struktur homolog
- (B) seleksi alam yang mendorong evolusi
- (C) lingkungan tidak berpengaruh pada pewarisan sifat
- (D) adanya sifat yang diwariskan kepada keturunannya
- (E) pembentukan spesies dari nenek moyang yang sama
- (A) 1-2-3-4.
- (B) 2-3-4-1
- (C) 3-2-3-1
- (D) 3-1-2-4
- (E) 4-2-1-3
Pembahasan:
Urutan tahapan kultur jaringan:
1. Penumbuh jarungan pada medium
2. Pembentukan kalus
3. Perbanyakan planlet
4. Aklimatisasi tanaman baru di tanah
💥 Kunci Jawaban: E
Pembahasan:
Pencernaan mekanik: memecah molekul besar menjadi kecil yang terjadi di rongga mmulut dan lambung (pernyataan salah)
Pencernaan kimiawi: mencerna makanan dengan bantuan ensim dihasilkan kelenjar pencernaan (alasan salah)
💥 Kunci Jawaban: E
Pembahasan:
Intermediet (dominasi tak penuh) Fenotif gen pada individu heterozigot berada diantara pengaruh kedua alel gen (pernyataan salah)
Dominan homozigot Fenotif gen sifat kuat sehingga menutupi pengaruh gen alelnya. (pernyataan benar)
💥 Kunci Jawaban: D
- (1) pengurai.
- (2) anaerob.
- (3) mampu mereduksi CO2.
- (4) dapat memanfaatkan CH4.
Pembahasan:
Karakter bakteri metanogen
1. Anaerob obigat [tanpa O\(_2\)]
2. Pengurai
3. Mereduksi CO\(_2\)
4. Penghasil CH\(_4\)(metana)
💥 Kunci Jawaban: A
- (1) katak
- (2) cacing tanah
- (3) ikan
- (4) belalang
Pembahasan:
Peredaran darah tertutup Darah yang selalu berada / mengalir dalam pembuluh darah (katak, cacing tana, ikan). Serangga (peredaran darah terbuka)
💥 Kunci Jawaban: A
- (1) toksin yang merusak sistem pencernaan ular.
- (2) toksin yang merusak permukaan kulit.
- (3) kristal toksin yang berupa protein.
- (4) eksotoksin.
Pembahasan:
Bacillus thruringiensis sebagai biopestisida menghasilkan:
1. Endoktoksin
2. Menghasilkan kristal protein
3. Merusak kulit dan pencernaan ulat
💥 Kunci Jawaban: A